Apa Itu IMEI iPhone

Bgtekno.com – Apa Itu IMEI iPhone? Yuk ketahui lebih lanjut tentang IMEI dan apa saja fungsinya bagi sebuah ponsel lainnya dan bahkan untuk HP iPhone. Kamu dapat memastikan informasinya secara lengkap dengan membaca berbagai topik yang tersedia di halaman ini.

Bicara soal iPhone, tentu tidak lepas dari kode 15 digit IMEI, terutama sewaktu membeli iPhone bekas di sejumlah toko. Baik itu di pasaran atau HP yang di jual di dalam Mall. Biasanya orang yang mengerti dengan serial number tersebut pasti akan memutuskan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu, sebelum ia memulai membayar iPhone yang ia suka. Lantas apa sih IMEI di HP iPhone itu? Simak uraiannya dalam bab di bawah!

Apa Itu IMEI iPhone?

IMEI sebenarnya bagian singkatan untuk kata International Mobile Equipment Identity yaitu baris nomor serial membentuk kode unik internasional sebagai salah satu identitas pada sebuah perangkat Smartphone, tak terkecuali iPhone. Dalam kebanyakan ponsel sekarang, IMEI selalu terdiri dari 15 kode number berbeda di setiap ponsel.

Baca Juga: HP Yang Mirip iPhone dari sisi Spesifikasinya

Peranan IMEI sendiri adalah sebagai identitas sebuah ponsel kerap menjadi tolak ukur bagi beberapa orang ketika ia hendak membeli iPhone Second. Bagaimana dengan mu, apakah kamu melakukan hal yang sama seperti mereka sebelum membeli iPhone bekas?

Peranan IMEI Pada iPhone dan Ponsel Lainnya

Selain sebagai identitas untuk merek HP, Serial IMEI juga berperan penting untuk mencari tahu apakah itu HP yang di jual dalam tipe asli atau bahkan replika semata. Dengan serial number IMei, tentu membuat penjual tak bisa menyebunyikan identitas asli pada sebuah ponsel, dan ini upaya terbaik untuk mencegah penipuan dalam transaksi jual beli.

Jadi, ketika kamu akan membeli HP iPhone (Baru atau Bekas), ada baiknya jika memastikan Serial number IMEI-nya dahulu supaya tidak terjadi kerugian setelah bertansaksi. Coba bertanya kepada penjual tentang Serial number IMEI iPhone tersebut. Hal ini berguna untuk mencari tahu apakah spesifikasi ponsel sudah benar-benar sesuai dengan ponsel tersebut atau justru sebaliknya.

Jika spesifikasinya sudah sesuai, itu artinya ponsel yang hendak kalian belu benar-benar asli. Begitu pula sebaliknya, jika tidak sesuai “100%” itu bukan iPhone asli seperti yang di klaim oleh pihak penjual.

Dalam beberapa kasus, informasi yang muncul dari hasil pengecekan Serial number IMEI biasanya info umum saja. Namun setidaknya itu bagian dari HP Asli, dan bukan replika. Sayangnya beberapa penjual tak bisa diandalkan. Mereka enggan menyebut Serial number IMEI pada ponsel yang mereka jual.

Jika hal itu menimpa mu sekarang, ada baiknya jika memilih mengecek IMEI secara mandiri. Yujuannya untuk memastikan bahwa IMEI tersebut bukanlah hasil tindakan refurbished yang di rilis dari iphone versi lainnya. Caranya sederhana banget kok Guys. Kalian dapat memulainya dari sekarang yaitu dengan mengikuti semua Instruksi berikut.

Cara Cek IMEI iPhone

Setelah memahami apa itu IMEI iPhone, sebaiknya pelajari pula cara cek IMEI tersebut untuk memastikan bahwa HP yang kamu beli benar-benar HP asli dan bukan tiruan. Caranya cukup dengan empat langkah berikut:

  1. Buka iPhone yang hendak kamu bayar.
  2. Klik menu Pengaturan di HP iPhone tersebut.
  3. Lanjutkan dengan memilih opso “About”.
  4. Temukan 15 serial Number IMEI. Kamu perlu menggulirnya ke bawah sampai terlihat baris nomor yang menyatakan bahwa itu adalah Serial number IMEI.

Nah jika anda berecana untuk mengetahui bahwa HP tersebut merupakan asli, sebaiknya salin nmor IMEI yang terdafar di HP mu dan lakukan pengecekan terhadap spesifikasinya lebih lanjut. Jika sudah berhasil mendapat nomot IMEI, kamu juga perlu memastikan informasi ponsel tersebut “apakah benar-benar sesuai dengan semua spesifikasinya atau hanya sertingan owner belaka”.

Cara Cek Spesifikasi iPhone dengan IMEI

Berikut ini adalah instruksi yang dapat kamu terapkan untuk mengetahui beberapa spesifikasi iPhone dengan memanfaatkan serial number IMEI:

  1. Buka langsung Browser Internet di HP iPhone
  2. Ketik atau buka https://www.imei.info
  3. Tempelkan Serial number IMEI IPhone yang sudah kamu salin sebelumnya pada formulir di halaman utama.
  4. Ketuk tombol Chek untuk melanjutkan.
  5. Lihat spesifikasi iPhone yang hendak kamu beli. Jika sesuai dengan spesifikasinya, itu artinya tidak ada rekayasa yang dilakukan oleh Owner, sehingga kamu bisa membeli iPhone tersebut tanpa meninggalkan penyesalan di masa mendatang.

Leave a Comment